Jumat, 27 Januari 2012

CABANG IMAN KE 6-8

CABANG IMAN KE 6-8

Berkata Nazhim (Syekh Zainuddin bin Ali) :

“ dan Hari kebangkitan, takdir Allah yang agung, dan dikumpulkannya kita * di padang mahsyar, dimana semua mahluq merasa lelah “.

Dalam bait di atas terdapat 3 cabang iman :

Cabang iman yang ke 6 adalah iman bahwa sesungguhnya Allah akan membangkitkan orang-orang yang telah mati, baik yang dikubur atau yang tenggelam atau selain dari yang demikian itu. Yang dibangkitkan itu adalah zat badan ini, bukan penyerupaannya, menurut kesepakatan ulama.

Allah swt berfirman : Orang-orang yang kafir mengatakan bahwa mereka sekali-kali tidak akan dibangkitkan. Katakanlah: "Tidak demikian, demi Tuhanku, benar-benar kamu akan dibangkitkan, kemudian akan diberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (QS.64 At Taghobun : 7).


Cabang iman yang ke 7 adalah iman kepada qodar (takdir), dengan kamu ber-i’tiqod (yakin) bahwa sesungguhnya Allah swt. menciptakan segala sesuatu sesuai dengan apa yang telah digariskan dalam ilmu Allah swt. Maka semua pekerjaan makhluk adalah dengan takdir Allah swt. sehingga sepatutnya bagi tiap-tiap manusia agar senantiasa ridho/ menerima setiap ketentuan Allah swt. yang ditetapkan kepadanya.

- BERSAMBUNG

1 komentar:

  1. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.
    GMC Canyon AC Compressor

    BalasHapus